Sabtu, 21 September 2013

tambak sumur, karawang

Di semester awal-awal kuliah, piqor ngajak gw mincing di karawang. Tepatnya di daerah tambak sumur, kabupaten karawang. Daerah ini dah lumayan dikenal sama pemancing dari cikarang, bekasi, dan karawang pada umumnya. Oke deh kita jelajah dulu kemari, itung-itung nambahin koleksi spot mancing. Lagian hobi gw pan mancing ikan-ikan aer asin.

Eretan Citarum (sekarang dah ada jembatan lho)

Gw berangkat bareng uje, hendra, dan piqor. Lewat jalur belakang, Gabus, Babelan – Sukatani, Cikarang – Sungai Citarum - Batujaya, Karawang. Memang kebetulan si piqor ada kenalan penjaga di salah satu tambak disana. Paman dari cewenya, kita panggil aja Mang Basri. Cukup bawa perbekalan, fasilitas tidur dan masak terjamin lah..

Tambak-tambak diisi Bandeng atau udang Bakau.

Begitu sampai, piqor segera pinjam jala untuk mencari udang. Ya iyalah.. moso mo minta cariin juga ama Mang Basri. Sementara piqor ngejala, gw ngobrol-ngobrol ama Mang Basri sambil nyiapin pancing.

Bolang dari cibitung

Gerah juga dengerin uje yang udah strike ikan-ikan kecil. Sementara Hendra yang tadinya ribut ga mo nginep, jadi lupa rumah begitu strike kerong-kerong. Gw lempar setingan glosor timah, yang akhirnya gw ganti jadi glosor pelampung. Setelah berkali-kali dicela piqor gara-gara gagal strike.

Uje dengan boboso / gabus males

Kerong yang bikin lupa pulang

Sorenya stop mancing karena ada badai. Walau bukan badai kek dipelm Hollywood, tapi sumpah itu ujan-angin kenceng banget. Untuk dorong motor masuk ke gubuk aja susah. Untung tu gubuk ga rubuh.. Amazing.. hahahaha.

Dengan lugunya menatap awan badai.. wakakakak

Keren ga tu, awannya ngebentuk busur..

Setelah bertahan dengan hujan-angin selama 3 jam. Lanjut mancing lagi malamnya, tapi sayang yang makan cuma lundu. Terus ada orang jala malam-malam yang ngasih kita kepiting soka sama udang bakau ukuran jumbo. Sumpah, itu hendra masak sembarangan.. bahan seenak itu digoreng setengah matang. Jadi mual diingetnya juga.

Mancing mujaer pagi-pagi di belakang gubuk.

Hendra dan gw. Sayang si hendra drop out beberapa semester kemudian.

Baru keesokan paginya bisa panen mujaer untuk oleh-oleh orang rumah. Beres-beres siang hari, sambil menunggu tanah tambak kering setelah hujan semalam.