Kamis, 12 September 2013

kali blacan, bekasi


Rata-rata pemancing Jakarta lebih mengenal nama Muara Gembong. Nama Muara Blacan mungkin masih terdengar asing, karena letaknya memang cukup terpencil. Masuk dalam wilayah muara gembong, Bekasi. Bisa ditempuh melalui kali CBL, sampai di pertigaan pangkalan pasir (subuh banyak yang berjualan cacing laut). Nanti ikuti terus jalan raya, jangan belok-belok di pertigaaan. Begitu dah banyak sawah, ada jalan tanah milik pertamina di kanan baru masuk. Sulit juga sih jelasinnya, coba cari di google map koordinat 6,02 south(lintang selatan) dan 107,02 east (bujur timur). Bisa nyasar kalo ga bertanya : D
Jalan terakhir menuju kali Blacan memang ancur, mungkin karena sudah wilayah pertamina jadi bukan urusan pemda lagi. Dominan batu-batu dan kerikil berlapis tanah, syukurlah ga amblas saat hujan. Butuh waktu perjalanan sekitar 30 menit untuk melintasi jalur ini, lebih cepat dari itu mungkin kasihan kendaraannya -_-“. Nanti kita akan melewati 2 jembatan besar, jembatan kedua itu adalah kali blacan. Ada parkir motor dan warung, tempat menyewa perahu dan antar jemput ke spot mancing di muara kali blacan (biasanya disebut villa).

Jembatan kali blacan

Salah satu nelayan yang ada disitu adalah mang Niman. Dirumahnya kita bisa santai dulu ngobrol-ngobrol, bikin rangkaian pancing sambil ngupi. Namanya juga niat mancing, begitu rangkaian siap sudah ga sabar minta antar ke gubuk. Berangkat dengan diantar perahu, sambil membawa udang untuk umpan.

Rumah lama mang Niman

Gubuk tempat mancing ini posisinya di tepi kali blacan, persis didepan gubuk itu ada rumpon. Biasanya pagi dan sore hari ada kakap putih yang masuk. Ga dapet kakap juga masih bisa dapet sembilang, keropak, ketang-ketang, samge, utik, keting (lundu), bulan-bulan, dan ikan lain-lain khas muara. Maksimal 1 gubuk 3 orang, ada beberapa gubuk kok, tenang aja.

 
Keropak

Mancing ke arah rumpon, ati-ati nyangkut

Waktunya makan siang, mi instan diantar dengan perahu. Plus kopi item biar ga ngantuk, mantap.. Mang niman sering mancing dengan perahu, persis diatas rumpon. Nanti pas pulang, ikan pancingan kadang dikasih ke kita.

Matahari sore di belakang gubuk

Sambil mancing, mang Niman pasti nanya mau dijemput jam berapa. Jadi nanti kita tinggal beres-beres dan tunggu jemputan. Mampir dulu kerumah, ngupi sambil ngobrol-ngobrol. Tapi jangan kemalaman, nyamuknya ya ampun.. Pulangnya kita kumpulin 25-30 ribu/orang untuk dikasih ke mang Niman (itu dah termasuk udang). Kalau lagi panen mancing, masa kita ga mau kasih lebih.?? Aminnn..

4 komentar:

Unknown mengatakan...

min masih aktif ga nih blog .. heheh ... ane juga langganan mang niman sama anak nya si warih .. tpi terakhir ane ke sana th 2015 awal bagang nya banyak yg rusak .. klo info terkini gimana ya min ? ane mau ngajak rombongan mancing ke sana .. klo ada info terkini nya min bales ya min

Unknown mengatakan...

Blh minta no. Mang niman ga gan? Thank

Unknown mengatakan...

Gan info dongg no mang niman, rencana tgl 4 september mau ke bacan ne trim's

Unknown mengatakan...

Kalau dari rengasdengklok lewat jalur mana gan