Sabtu, 21 September 2013

pulau tidung, kep. seribu


     Daripada pusing terus bikin tugas gambar, mending jalan-jalan. Minta bantuan sama si Bedu (Bustanil Arifin) untuk nganterin kita berangkat ke muara angke.
     Jam 4 pagi, 17 Maret 2012. Gw, Bedu dan Ahong (Aditya) meluncur ke lebak bulus jemput Eri dan Uje. Tiba di muara angke jam 5 lewat. Sudah ramai penumpang di perahu lain, tapi di kapal tujuan P. Tidung masi sepi ??  Ambil tempat di belakang biar lega, sambil menunggu berangkat kami main kartu dulu. Perahu berangkat jam 8.


Suntuk di perahu

      Perahu merapat di P. Tidung jam 11. Sempat mampir dulu ke rumah Akim (kawan kami dari UGM), istirahat sejenak sambil beramah-tamah. Lanjut ke jembatan cinta, spot wisata favorit di P. Tidung kep seribu.


     
Narsis di Jembatan cinta

Airnya begitu jernih

      Di sepanjang jembatan semua tiang-tiang lampu sudah menggunakan sel surya, sebuah kemajuan ya? Usai poto-poto, kami lanjut ke P. Tidung kecil di ujung jembatan cinta. Menyusuri hutan, lumayan banyak nyamuk lho..

Hutan di P. Tidung kecil

Istirahat di ujung pulau, banyak bangunan tak berpenghuni

      Kembali ke jembatan cinta, cari posisi untuk mancing. Sebenarnya takut nyangkut dan merusak karang, ini kan tempat orang menikmati pemandangan bawah air.. Jadi cari bagian yang agak dalam dan bebas dari karang-karang. Tetep aja dapetnya ya ikan-ikan karang warna-warni. Kaget juga waktu ada penyu lumayan besar berenang, coba kalo kena pancing.?? Repot urusannya : (
      Hari menjelang sore, kami cari tempat untuk kemah. Setelah tanya-tanya, ehh ga bisa buka kemah tanpa ijin sama petugas. Padahal jam segitu petugas mungkin sudah ga ada di tempat. Ya sudah, terpaksa buka kemah di sisi yang terpencil di P. Tidung kecil. Tapi jadi berasa banget outdoornya. Ssttt.. ini illegal lho -_-“

Ikan hasil pancingan imut-imut, teganya.!!!
Waktunya bakar-bakar

      Usai bakar-bakar, gw dan Ahong lanjut mancing (dengan hasil sia-sia karena angin kencang). Uje dan Eri ke P. Tidung besar, makan sambil nonton dangdut :p
        Sekitar jam 10 malam, tidur di tenda. Terbangun jam 4 pagi karena air pasang tingginya diluar dugaan. Bangun dulu untuk geser tenda ke tempat yang lebih tinggi, lanjut tidur lagi. Bangun paginya, sandal ahong hilang terbawa arus, terpaksa nyeker sampai kerumah (ogah beli : D)
      Bongkar tenda, packing, sarapan gorengan, terus santai-santai di jembatan. Jam 10 jalan ke masjid, numpang mandi, sholat. Pulangnya mampir di toko-toko disepanjang jalan ke pelabuhan, beli oleh-oleh makanan olahan khas kep. seribu. Gw juga beli pin, buat kenang-kenangan. Perahu berangkat agak siang, kami sampai di muara angke jam 3 sore.
      Even it isn’t good enough for fishing spot, it is nice for tourism. See you tidung island. (udah sajen sendal tuh, lain kali mancing disitu mesti dapat banyak : D)
Biaya :PP angke-tidung      Rp 65.000,- /orang
            Umpan mancing       Rp 15.000,-
            Garam                       Rp   5.000,- (biar udang umpan ga busuk)
            Makan            3x       Rp 30.000,-(@Rp10.000,-)
            Air mineral 1ltr        Rp   5.000,-
            Gorengan                  Rp   5.000,- (@Rp1.000,-)
            Pin                             Rp   5.000,-   +
            Total                          Rp130.000,-

0 komentar: